Tekhnik Dan Umpan Jitu Mancing Ikan Alu Alu (Barakuda) Di Laut

Umpan Jitu Ikan Alu Alu - Mancing di tengah laut sungguh memiliki sensasi petualangan yang akan memicu hormon adrenaline. Di samping lokasinya yang begitu menantang, jenis ikan yang akan dipancing pun kebanyakan garang karakternya, lain dengan ikan air tawar di pemancingan yang pembawaannya tenang. Sebab itu dibutuhkan persiapan serius sebelum berpetualang ke laut lepas. Peralatan pancing, tempat hasil pancingan dan juga umpan yang sesuai. Salah satu ikan perairan laut yang asyik untuk dipancing adalah ikan Alu-Alu atau ikan Barakuda.

umpan mancing ikan barakuda

Ikan Alu alu merupakan jenis ikan yang memiliki tampang seram dengan ukuran tubuh besar dan panjang yang tertutup sisik-sisik halus. Ikan Alu alu banyak dijumpai di laut tropik ataupun sub-tropik. Memancing ikan Alu-Alu butuh umpan yang sesuai. Di habitat aslinya, ikan Alu-Alu biasa memangsa ikan kembung, tembang, selar, cumi-cumi, dan jenis ikan lain. Cumi-cumi merupakan mangsa kesukaan ikan ini. Ikan Alu Alu termasuk predator yang beraktifitas siang malam. Di malam hari ikan Alu Alu akan mencari sumber cahaya dalam memburu mangsanya. Makanya mereka sering hilir mudik di dekat dermaga dengan lampu penerangan atau berenang di sekitar bagan apung bercahaya lampu petromak.

cara mancing ikan baracuda

Cara menangkap ikan Alu Alu biasanya dengan menggunakan jaring, dipancing atau bisa juga menggunakan perangkap ikan. Khusus untuk memancing ikan Alu Alu ini biasa digunakan teknik kasting dan trolling. Umpan jitu mancing ikan Alu Alu beragam mulai dari umpan tiruan minnow, cumi-cumi, spoon garpu dan lainnya. Sementara untuk umpan hidup, bisa menggunakan ikan selar, kembung dan cumi-cumi. Pemancing diingatkan untuk tidak mendaratkan ikan Alu Alu dekat dengan kaki mereka, agak menjauh sedikit untuk menghindari sabetan gigi mereka yang setajam pedang samurai.

Teknik mancing ikan barakuda

Untuk tali pancing yang digunakan, pastikan menggunakan serat kawat (neklin) ataupun kawat tunggal (single wire) mengingat tajamnya gigi ikan barakuda ini. Kendati merupakan kelompok ikan permukaan atau ikan pelagis, namun terkadang ikan Alu Alu pun mau memangsa umpan yang ada di dasar laut. Daging ikan Alu Alu memang tak begitu lezat. Lebih-lebih berdasarkan sejumlah literatur yang ada, ikan Alu Alu dengan bobot 10 kilo ke atas tak aman bila dimakan. Diperkirakan ikan Alu Alu dengan berat segitu, konsentrasi racun yang menumpuk di tubuh mereka sudah melebihi ambang batas aman. Racun di dalam tubuh Alu Alu ini lantaran kerapnya mereka memangsa jenis ikan tertentu di habitat terumbu karang.

Ikan Alu Alu memiliki panjang tubuh yang tak biasa, dengan begitu tenaga tarikannya pun kuat. Kalau tak terampil menarik tali pancing dengan betul, ikan barakuda akan lolos atau mungkin saja malah putus digigit ikan ini yang terkenal dengan giginya yang sangat tajam. Segala umpan jitu yang biasa dipakai untuk memancing di laut berpeluang untuk memperoleh ikan Alu Alu ini.