Selasa, 23 Mei 2017

2 Macam Umpan Jitu Mancing Ikan Mujair

Umpan Jitu Ikan Mujair - Memancing ikan Mujair itu susah-susah gampang, jika ikannya sedang mood, baru saja mata kail dilempar ke air langsung saja disambar umpannya. Namun ada kalanya ikan Mujair lagi malas makan, kendati umpan tersedia di depan mulutnya, yang terjadi malah kabur, benar-benar menyebalkan. Untuk itu anda harus belajar apa saja umpan jitu mancing ikan Mujair itu.

umpan mancing mujaer

umpan ikan mujair danau,teknik memancing ikan mujair,umpan mancing mujaer,umpan ikan nila,pemancingan mujair,umpan ikan mujair nila,umpan ikan mujair di sungai,umpan ikan mujair di empang,
Baca juga : Umpan jitu ikan tombro
Ikan Mujair atau disebut juga ikan Nila merupakan species ikan berhabitat di perairan tawar berupa danau, rawa atau muara sungai. Ikan Mujair sangat disukai masyarakat sebab rasa gurihnya dengan harga murah. Ada kalanya Mujair pun sanggup hidup dalam air payau, yang dipelihara bersama ikan Bandeng. Mempunyai warna tubuh abu-abu agak hitam tapi kadang ada pula dengan warna kuning dengan ukuran tubuh antara 5 hingga 10 jari untuk siap dikonsumsi. Memiliki nama ilmiah Oreochromis mossambicus, ikan Mujair mempunyai sirip punggung menyerupai duri untuk alat pertahanan.

Kecuali sedap ketika dimakan, ikan Mujair pun sebagai favorit kalangan penghobi mancing. Sebabnya ikan Mujair banyak ditemukan dimana-mana sehingga mudah memancingnya. Salah satu kunci sukses memancing ikan Mujair adalah umpan yang digunakan. Ada beberapa umpan jitu mancing ikan Mujair seperti lumut sawah dan udang rebon.

1. Umpan lumut sawah.
Lumut sawah yang dapat anda temukan di areal persawahan yang basah ataupun di sungai yang mempunyai aliran air tenang. Namun bila tak ingin susah-susah, silahkan anda membelinya di kios perlengkapan memancing. Sediakan wadah lumut, boleh menggunakan ember kecil dan boleh juga wadah plastik kemasan cat. Tuangkan lumut beserta air sesuai kebutuhan dan jangan lupa taburkan sedikit garam dapur. Misalnya anda memiliki seember kecil lumut, tambahkan garam 2 sendok makan. Garam berguna supaya lumut lengket, dengan begitu saat digunakan sebagai umpan di dalam air tak mudah ambyar. Teknik memasang lumut pada mata kail adalah memasukkan mata pancing itu dalam ember wadah lumut, selanjutnya putar mata kail anda pelan-pelan hingga lumut melekat di mata kail.

2. Umpan udang rebon
Pakai udang rebon dalam kondisi hidup dengan ukuran kecil. tempatkan umpan udang rebon dalam wadah ember plastik yang berisi air supaya udang tetap hidup. Tempatkan umpan udang rebon ke mata kail, tidak boleh cuma satu ekor, anda bisa menusukkan 3 sampai 4 udang rebon. Seringnya bila anda mancing memakai umpan jitu ikan Mujair berupa udang rebon ini, ikan menjadi lebih agresif ketimbang memakai umpan lumut. Dan biasanya juga ikan Mujair di perairan payau lebih gampang dipancing memakai udang rebon ini. Sementara jika anda memancing di perairan tawar misalnya di sungai, danau atau waduk maka umpan lumutlah yang paling sesuai.