Jumat, 28 November 2014

Kombinasi Umpan Jitu Mancing Ikan Cakal

Ikan Cakal yang populer di dunia dengan sebutan Giant Trevally (GT) adalah target perburuan utama di beberapa negara. Ikan Cakal merupakan ikan karang yang sangat kuat, ganas dan agresif.  Termasuk dalam keluarga besar ikan Tuna termasuk juga Giant Kingfish, Pacific Jack Fish, Goyan Fish, Lowly Trevally, Barrier Trevally, Ulua di Hawaii, Mamulan di Marianas, ronin-aji di Jepang dan GT di Australia. Sentakan ikan Cakal yang kuat ketika memangsa umpan menjadi pengalaman mengasyikkan tersendiri untuk kalangan pemancing. Umpan jitu mancing ikan Cakal bisa bisa berupa umpan alami maupun umpan buatan. Umpan alami berupa udang tanpa kulit, udang hidup, sotong, ikan belanak kecil dan potongan daging belut.
rahasia umpan, Macam-macam Teknik Mancing, tips untuk mancing ikan, Ikan Cakal,Giant Trevally, Umpan Ikan Cakal,
Baca juga : Mancing Ikan di Waduk Cirata
Ikan Cakal senang berada di perairan pantai dengan banyak karang dan sebagai peradator di habitat terumbu karang siang dan malam. Karakter ikan ini ketika makan adalah menyambar mangsanya di permukaan air. Untuk itu sangat bagus bila memancing memakai umpan atas (poper)  dan teknik popping. Puncak keberadaan ikan Cakal umumnya antara Maret-April dan Oktober-November.

Ada satu lagi umpan jitu mancing ikan Cakal berupa umpan buatan dari plastik kepingan CD yang tak terpakai. Kepingan CD dibentuk menyerupai tubuh ikan yang akan berkilauan bila terkena cahaya matahari. Kilauan ini akan disangka oleh ikan Cakal sebagai mangsanya. Cara membuatnya tak susah. Sesudah dibentuk menyerupai tubuh ikan, selanjutnya lubangi ujung atas bawah dan sematkan mata kail di kedua lubang tadi. Di salah satu ujung, boleh diberikan kili-kili. Umpan buatan ikan Cakal siap digunakan.

Umpan jenis poper adalah pilihan terbaik mancing di perairan terumbu karang. Untuk warna dan bentuk poper akan juga mempengaruhi sukses tidaknya memancing ikan Cakal ini. Beberapa angler lebih sreg warna poper adalah merah dan putih yang tercepat dimangsa ikan ini. Namun beberapa penghobi mancing ada juga yang menyakini gerakan menyentak poper-lah yang membuat ikan berminat menyambar umpan. Di tiap spot memancing sebenarnya mempunyai jenis ikan dengan karakteristik yang berbeda. Makanya kita harus membuat kombinasi warna, bentuk dan gerakan ketika menghentak poper untuk hasil maksimal.

Sedikit pengetahuan tentang siklus hidup ikan Cakal : mereka bertelur dengan menuju ke muara sungai. Menetaskan telurnya dan anak tinggal di muara sungai sambil beradaptasi dengan salinitas air laut yang tinggi. Ikan Cakal ukuran medium biasanya berenang di habitat pantai karang sementara yang ukuran besar berdiam di terumbu karang sampai saatnya memijah untuk kembali ke muara sungai. Ikan Cakal ukuran besar bisa mencapai berat hingga puluhan kilogram. Sebelum memancing, tentukan dulu spot terbaik diantara bebatuan karang di pinggir pantai, temukan lokasi yang nyaman sekaligus diperkirakan banyak berkeliaran ikan Cakal ini.