Mengenal Umpan Jitu Mancing Ikan Cakalan (ikan Cakalang)

Ikan Cakalan adalah nama lain dari ikan Cakalang. Termasuk dalam kelompok ikan tuna. Selain disebut Cakalan nama-nama lain antara lain ikan Cakang, Kambojo,  Kausa, Karamojo, Turingan, dan sebagian ada juga yang menamakannya ikan Tongkol. Ikan ini disebut skipjack tuna dalam bahasa Inggris. Memancing ikan Cakalan butuh keahlian tersendiri karena ikan ini lebih sering berada di tengah lautan dan selalu bergerak dalam kelompok-kelompok. Selain keahlian memancing, umpan jitu mancing ikan Cakalan pun harus disiapkan dengan sebaik-baiknya. Umpan yang tepat akan menentukan keberhasilan memancing ikan Cakalan ini.
rahasia umpan, tips untuk mancing ikan, Macam-macam Teknik Mancing, mancing Ikan Cakalang, Tips Mancing Ikan Cakalang, Umpan Jitu Mancing Ikan Cakalang,
Baca juga : Mancing Ikan Cakal
Ikan Cakalan atau Cakalang merupakan perenang hebat. Kecepatan renangnya bisa mencapai 77 km/jam. Tak seperti umumnya ikan dengan daging berwarna putih, daging ikan ini malah merah muda hingga merah gelap. Hal tersebut karena otot ikan Cakalan didominasi myoglobin ketimbang ikan laut lain. Umumnya memiliki ukuran tubuh yang besar, termasuk dalam keluarga ikan Tuna yang mempunyai nilai ekonomi tinggi.

Mempunyai tampilan tubuh serupa torpedo yang dinamakan fusiform, agak pipih di bagian samping dengan mulut melancip. Hal mencengangkan dari keluarga ikan Tuna ini ialah kebisaannya mempertahankan temperatur tubuh lebih tinggi dibanding temperatur luar. Misalnya mereka mampu menjaga temperatur tubuh tetap berada pada kisaran 24 hingga 35 °C di dalam air dingin yang mempunyai temperatur 6 °C. Ikan ini sanggup menjalankan mekanisme itu dengan memproduksi panas lewat reaksi metabolisme. Rete mirabile yakni pembuluh vena dan arteri yang terdapat di samping tubuh akan mentransfer panas dari darah vena menuju darah arteri. Hal tersebut akan membatasi efek pendinginan permukaan tubuh dan mempertahankan otot selalu hangat. Itulah yang mengakibatkan ikan jenis ini bisa berenang cepat namun menggunakan sedikit energi.

Ikan Cakalan terkenal sebagai ikan yang sangat rakus terhadap makanan yang tersedia. Mereka akan melawan arus air untuk memburu makanan yang melarikan diri. Dengan hidup secara berkelompok, ikan ini adalah target menarik untuk dipancing. Ikan Cakalan lebih menyukai umpan hidup berupa ikan-ikan kecil, cumi-cumi dan udang. Penggunaan umpan hidup ini jangan terlalu besar sebab akan sulit disambar oleh ikan Cakalan ini.

Beberapa jenis ikan-ikan kecil sebagai umpan jitu mancing ikan Cakalan ini diantaranya adalah ikan Tembang, ikan Lemuru, ikan Teri, ikan Selar, ikan Layang, Peperek dan lainnya. Bahkan ikan Mujair dan ikan Nila pun dapat digunakan sebagai umpan. untuk memancing ikan Cakalan ini memang dibutuhkan perlengkapan dan biaya yang tak murah. Setidaknya harus menyewa kapal dan juga menyediakan umpan hidup. Untuk itu kegiatan mancing ini bisa dilakukan berombongan beberapa orang pemancing sekaligus.