Ragam Umpan Jitu Mancing Ikan Danau

Duduk-duduk di tepian danau sembari merasakan hawa sejuk dan angin yang sepoi-sepoi sambil memancing sangatlah menyenangkan. Memancing di danau dibutuhkan pengetahuan mengenai lokasi danau itu. Kenali dulu danau itu memiliki dasar berlumpur atau berpasir. Hal tersebut akan menentukan teknik mancing yang akan digunakan. Umpan dan pancing harus sesuai dengan ikan yang akan ditarget. Kebanyakan perairan danau banyak terdapat ikan Mas dan Nila. Sesuaikan umpan jitu mancing ikan danau yang ada di situ. Tak cuma ikan Mas dan Nila saja sebagai penghuni danau, beberapa danau lokasi spot pemancingan pun kerap dijumpai ikan gabus, lele dan mujair.
umpan mancing ikan nila di danau,umpan ikan patin,umpan ikan lele,umpan ikan kerapu,umpan ikan bawal,umpan ikan patin liar,umpan ikan gabus,umpan ikan baung,
Baca juga : Umpan Mancing Ikan Dalum
Ikan nila dengan bobot 1 kilo ke atas umumnya gemar berpindah-pindah sarang. Sehingga umpan paling tidak 30 cm dari dasar danau. Bebatuan yang ditumbuhi lumut adalah spot sempurna memancing ikan jenis Nila ini. Untuk itu temukan bebatuan berlumut di bibir danau kemudian lemparkan mata kail di tempat yang diperkirakan ada ikan Nila yakni di dekat bebatuan berlumut itu, gunakan juga umpan lumut. Untuk menarget ikan Nila besar gunakan 2 mata pancing yang ditempatkan di atas timah dan 2 lagi di bawah timah. Untuk danau dengan dasar berpasir, umpan jitu mancing ikan danau yang paling pas adalah udang-udang kecil.

Tak cuma lumut dan udang kecil saja yang bisa digunakan sebagai umpan jitu mancing ikan danau. Beberapa umpan berikut ini pun sering disambar ikan danau yaitu :

1. Cacing tanah
Cacing tanah gampang diperoleh, cukup dengan mendongkel tanah lembab yang tertutup dedaunan yang gugur anda akan menjumpainya. Jika sudi sedikit kotor-kotor, dibalik onggokan sampah biasanya banyak berdiam cacing tanah ini.

2. Udang kecil
Udang bisa anda beli di penjual ikan atau anda cari sendiri cukup menggunakan serokan. Cari di tepian danau pasti ada.

3. Ulat bambu
Dapat diperoleh di pedagang umpan memancing. Namun untuk umpan ini tak selalu tersedia.

4. Jangkrik
Banyak dijual di kios-kios pakan burung dengan harga yang cukup murah.

5. Laron
Untuk umpan ikan danau yang satu ini cukup sulit memperolehnya. Pada saat-saat tertentu saja bisa diperoleh laron ini. Biasanya mereka keluar di malam hari untuk mengerubungi lampu-lampu penerangan. Itu terjadi bila terjadi perubahan musim dari musim panas ke musim penghujan.

6. Umpan buatan
Bahan-bahan yang diperlukan : mi instan 2 bks, udang 250 gr, minyak goreng secukupnya, roti murah 5 bks, air rebusan pandan secukupnya dan margarin 1/2 bks. Mi instan dihaluskan dengan diblender, selanjutnya blender juga udang sampai lembut. Campurkan kedua bahan dalam suatu wadah dan kemudian tambahkan roti. Tambahkan air rebusan pandan dan uleni adonan sampai kalis. Masukkan margarin ke dalam adonan. Uleni lagi hingga tercampur rata. campurkan blueband kedalamnya dan tekan sampai rata. Terakhir masukkan minyak goreng sampai adonan berwarna kuning orange.