Jumat, 26 Mei 2017

Macam Umpan Jitu Mancing Ikan Air Payau

Umpan Ikan Air Payau - Perairan payau biasanya mempunyai keanekaragaman jenis ikan. Umumnya ikan air payau termasuk jenis karnivora contohnya ikan kakap putih (barramundi), ikan sembilang, ikan keting, ikan kakap hitam (black bass), kerapu lumpur dan masih banyak lagi. Beberapa juga ada yang berjenis herbivora contohnya ikan belanak, ikan bandeng dan ikan mujaer. Jika anda tertarik memancing di perairan payau misalnya di muara sungai atau di tambak, anda harus tahu dulu umpan jitu mancing ikan air payau.
umpan ikan kakap air payau,umpan ikan bandeng air payau,budidaya ikan air payau,ikan air payau dan nama latinnya,jenis ikan yang hidup di air payau,contoh,budidaya ikan air payau,
Baca juga : Umpan ikan arapaima
Untuk ikan karnivora air payau seringnya  memakai umpan yang masih hidup (live bait) seperti udang, ikan belanak atau ikan bandeng. Ukuran umpan jitu mancing ikan air payau ini mesti disesuaikan dengan target pancingan. Dengan kata lain jangan sampai terjadi umpan itu tak bisa dimakan karena ukurannya tak bisa masuk mulut ikan. Ada juga yang memakai umpan tiruan (artificial bait), seperti memakai umpan buatan berbentuk ikan atau udang. Sementara tehniknya menggunakan tekhnik poping atau casting.

Untuk ikan herbivora air payau yakni sebagai pemakan tumbuhan, umumnya digunakan lumut yang tumbuh di sekitar tambak atau muara tersebut. Mempertimbangkan ikan herbivora lazimnya memiliki mulut kecil, untuk itu pakailah mata pancing dengan ukuran kecil, namun tetap mempertimbangkan besar kecilnya mulut ikan. Umumnya tersedia set mata pancing tersendiri yang dirancang untuk umpan lumut. Set mata pancing itu dapat diperoleh di toko alat memancing.

Umpan jitu mancing ikan air payau hasil pembudidayaan seperti ikan bandeng, dapat memakai butiran pelet dengan atau tanpa essen. Untuk pelet dengan essen, tidak ada patokan pasti aroma apa yang disenangi oleh bandeng, anda perlu Bereksperimen untuk ini. Sebab tiap-tiap tambak biasanya mempunyai ciri khas aroma tertentu, namun menggunakan aroma essen bermutu bagus tetap diperlukan. Aplikasikan penggunaan essen sesuai petunjuk dan jangan melampaui petunjuk yang diberikan. Pemakaian essen yang kelewat banyak akan mengeluarkan aroma kuat yang malah akan mengakibatkan selera makan ikan bandeng akan hilang dan tak tertarik lagi dengan umpan yang anda berikan.

Khusus untuk umpan jitu mancing ikan air payau jenis Kakap putih atau Barramundi, sebaiknya anda menggunakan 4 jenis umpan hidup berikut ini : ikan belanak, udang putih, bandeng ukuran kecil dan cumi-cumi ukuran kecil. Keempat macam umpan tadi adalah makanan Kakap putih atau Barramundi. Ikan Kakap putih memiliki karakter rakus dalam memakan umpan. Biasanya mereka berhabitat pada perairan payau berupa hutan bakau, muara sungai ataupun areal pertambakan. Karakter ikan Kakap putih ketika terkena mata pancing biasanya akan memberikan perlawanan yang lumayan. Anda sebagai angler akan tertantang untuk mengatasi perlawanan mereka dan menciptakan strike pertama anda.
Macam Umpan Jitu Mancing Ikan Air Payau Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chairul Widjaja