Selasa, 18 November 2014

Kucur, Umpan Jitu Mancing Ikan Baung - Resep dan Tips

Umpan Ikan Baung - Ikan Baung termasuk ikan nocturnal yang aktif pada malam hari, sementara pada siang hari mereka seringnya berada di liang di celah-celah batuan maupun di balik onggokan kayu di dalam sungai. Tampilannya serupa dengan ikan lele, beda yang nyata hanya terdapat pada sirip punggung, dimana ikan baung mempunyai sirip punggung tajam dan kaku dengan warna kulit abu-abu agak kekuningan. Bila ingin mancing ikan jenis ini pastinya lebih pas jika dilakukan pada malam hari. Umpan jitu mancing ikan baung perlu dipersiapkan agar target mancing anda terpenuhi.
umpan ikan baung sungai,umpan ikan baung kolam,umpan jitu ikan baung,umpan pancing ikan baung sungai,umpan mancing ikan baung di sungai,umpan jitu ikan baung sungai,habitat ikan baung,resep umpan,
Baca juga : Umpan jitu ikan belanak
Di habitat aslinya ikan baung tergolong ikan omnivora atau memakan apa saja. Akan tetapi ada pula yang mengelompokkannya ke dalam kelompok ikan carnivora, sebab lebih sering memangsa ikan-ikan berukuran kecil. Untuk keperluan mancing ikan baung, umpan jitu yang harus disiapkan yakni yang memiliki aroma amis atau malah bau busuk. Namun biasanya makanan alaminya adalah udang, remis, serangga, siput, dan tanaman air. Umpan jitu mancing ikan baung yang kerap digunakan oleh kalangan penghobi mancing yakni udang mati yang sudah membusuk, kuning telur asin, irisan daging ikan dan yang paling jitu adalah kucur.

Gambar ikan Baung

umpan ikan baung sungai,umpan ikan baung kolam,umpan jitu ikan baung,umpan pancing ikan baung sungai,umpan mancing ikan baung di sungai,umpan jitu ikan baung sungai,habitat ikan baung,resep umpan,
Apa itu kucur? Jika menggunakan umpan kucur ini dijamin ikan baung akan berebutan mendekati mata kail anda. Kucur adalah umpan khusus ikan baung yang dibuat dengan bahan-bahan berupa usus ayam, telur, lemak ayam, sapi atau lemak kambing. Tempatkan bahan-bahan tersebut dalam wadah berpenutup, kemudian timbun wadah itu dalam tanah selama 3 hari. Sesudah 3 hari masukkan sejumput kapas ke dalam adonan busuk itu. Dan ketika memancing yang dipasang di mata pancing yakni kapas yang sebelumnya direndam dalam adonan busuk tadi.

Setelah umpan jitu mancing ikan baung dibuat maka saatnya memancing. Temukan lokasi ikan baung berdiam misalnya di lubuk yaitu area sungai yang dalam dengan kondisi air tenang. Tempatkan kapas ke mata pancing layaknya mengaitkan umpan lumut. Anda mesti tahan dengan bau busuk yang ditimbulkannya. Lempar kail dimana diperkirakan ikan baung ada. Tak butuh waktu lama, ikan baung akan segera menyambar umpan kapas berbau busuk tadi. Pilih peralatan memancing yang layak lebih-lebih ukuran senar, gunakan yang memiliki diameter agak besar sebab sentakan ikan baung ternyata lumayan kuat. Selalu pegangi joran sebab umumnya ikan baung sekali menyambar umpan maka akan langsung dibawa lari.

Ikan baung memiliki citarasa yang lezat. Di wilayah Palembang, masakan pindang ikan baung adalah sajian mahal yang bisa mencapai harga 25 ribu Rupiah setiap porsinya. Bahkan masakan kepala ikan baung bisa berharga 50 ribu Rupiah tiap porsi. Harga segitu tentu sebanding dengan kelezatan yang diberikan. Dan juga ikan baung termasuk ikan langka yang susah didapatkan.