Minggu, 23 November 2014

Umpan Jitu Mancing Ikan Ceplek aka Kakap Putih

Ikan Ceplek adalah sebutan untuk ikan Kakap putih di Jawa Tengah dengan berat antara 1 hingga 2 kg. Sementara untuk bobot kurang dari 1 kg dinamakan Pelik dan baru yang memiliki berat di atas 2 kg yang disebut Kakap. Ikan Ceplek ini tampilannya sangat gagah dengan sentakan yang kuat ketika dipancing. Menghuni habitat di kedalaman laut antara 2 hingga 8 meter, dengan dasar berupa terumbu karang ataupun hutan bakau dengan akar-akarnya yang malang melintang. Juga mendiami rumpon yang ada di dasar perairan. Mancing ikan Ceplek sangatlah menantang, perlawanan ikan saat ditarik memberikan sebuah sensasi tersendiri.
trik mancing ikan kakap, umpan ikan kakap sungai,umpan ikan kakap muara,umpan ikan kakap merah,umpan mancing ikan kakap,umpan jitu ikan kakap,cara mancing ikan kakap putih,habitat kakap putih,
Baca juga : ikan Tongkol kecil
Daerah muara sungai adalah spot paling pas untuk mancing ikan Ceplek ini. Karena pada area itulah seringnya ikan Ceplek berkumpul. Mancing ikan jenis ini boleh pagi maupun sore hari. Bila pagi hari kurang lebih jam 6 sampai jam 9, sedangkan di sore hari mulai jam 4 sampai jam 6. Namun terkadang ikan Ceplek pun mau menyambar umpan di siang hari kurang lebih jam 11 sampai jam 1 siang.

Ikan Ceplek bila diamati dari permukaan air berwarna cokelat gelap atau agak kehitaman, namun bila diangkat ada warna putih sedikit keperakan utamanya di area perut. Ukuran maksimal panjang tubuhnya bisa mencapai 170 cm hingga 200 cm dengan berat maksimal yang pernah ada adalah 50 kg.

Mancing ikan Ceplek alias Kakap putih tidak berbeda seperti mancing ikan lain yaitu memerlukan kesabaran. Untuk para pemancing, mereka harus siap-siap kecewa jika tak memperoleh ikan kendati berjam-jam sudah nongkrong di bibir sungai ataupun ikan yang menyambar umpan namun ternyata lolos lagi sekalipun sudah beberapa kali disentak. Harus bisa menentukan saat yang pas sesuai keadaan air sungai tempat ikan Ceplek berkumpul. Pada keadaan tertentu misalnya air sungai yang kelewat keruh sesudah hujan, ikan Ceplek biasanya tak begitu tertarik dengan umpan. Umpan jitu mancing ikan Ceplek seringnya dipakai udang hidup yang dapat dibeli berharga murah. Biasanya umpan udang hidup ini mampu bertahan beberapa jam di air.

Kendati ikan Ceplek dapat dipancing memakai segala macam peralatan memancing atau malah cuma memakai handline biasa, akan tetapi untuk memperoleh sensasi bertarung melawan ikan ini lebih baik memakai peralatan memancing kategori ringan (light tackle) beserta senar ukuran 2 – 10 kg. Fungsikan pula light spinning yang mempunyai 2 sampai 12 roller bearing. Stick pancing yang digunakan umumnya mempunyai ukuran 180 hingga 230 cm. Gunakan joran berbahan grafit yang terjalin dari atau dua tangkai, dengan kemampuan melekuk mulai tengah hingga ujung atau boleh juga menggunakan yang cuma melengkung di ujungnya saja untuk ukuran 6 hingga 10 kg.