Rabu, 26 November 2014

Tahu Banyak Umpan Jitu Mancing Ikan Dalum

Ikan Dalum yang memiliki nama latin Bagarius yarelli termasuk dalam kelompok catfish dan memiliki nama lain Giant Devil Catfish atau Sand Shark. Sering dijumpai di sungai-sungai di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Mulai sungai Gangga dan sungai Kali di India, sungai Pharaya di Thailand, sungai Mekong di Vietnam, dan beberapa sungai di Malaysia dan Indonesia. Penduduk di Jawa, menjuluki ikan ini dengan ikan Kelaling. Memancing ikan Dalum di sungai tentu mengasyikkan lebih-lebih bila memperoleh ikan Dalum yang cukup besar. Lalu apa umpan jitu mancing ikan Dalum ini?
resep umpan, Umpan Ikan Dalum, Umpan Jitu Ikan Dalum, Ikan Dalum, rahasia umpan, Macam-macam Teknik Mancing, Teknik Mancing,
Baca juga : Umpan ikan cakalang
Di habitat aslinya, ikan Dalum biasa melahap serangga air tawar,udang-udang kecil ataupun ikan-ikan kecil. Kabarnya di wilayah India tepatnya di sungai Kali, ikan Dalum dapat cepat besar disebabkan sering menyantap mayat manusia. Seperti diketahui sungai Kali merupakan tempat upacara pembakaran mayat masyarakat Hindu. Ikan Bagarius yarelli memang mendadak jadi bahan perbincangan di beberapa negara dipicu pemberitaan di beberapa media yang menyebutkan bahwa ikan Dalum ini termasuk ikan aneh, langka, ikan purba dan sebagai pemakan daging manusia. Berbondong-bondong orang-orang yang ingin melihat ikan langka ini pun berkelana ke India untuk melihat sendiri ikan langka dengan tampilan menyeramkan ini.

Akhir-akhir ini saja kepopuleran ikan Dalum meningkat pesat. Bila kita melihat harga pasaran ikan ini dengan ukuran 15 cm akan dipatok pada harga 7 jutaan Rupiah. Sekalipun di wilayah dimana habitat ikan Dalim ini berada, tak ada harganya sama sekali sebab dagingnya banyak yang tak suka. Memang wajahnya bak monster air yang menakutkan akan tetapi sebetulnya ikan ini lumayan jinak dan tidak sulit memeliharanya. Di daerah pulau Sumatera, ikan ini terkenal dengan nama Ngangai, sementara di daerah Jawa Barat dinamakan dengan ikan Lika. Ada juga yang menjulukinya sebagai ikan bodoh sebab bila bersembunyi, ikan ini cuma memasukkan kepalanya saja di celah-celah bebatuan, sedangkan tubuh dan ekornya masih terlihat.

Saat umpan di kail dimakan, sentakan yang dilakukan ikan Dalum benar-benar spektakuler. Butuh tekhnik dan tenaga tersendiri untuk menaklukkannya. Sekilas ikan ini memang seperti ikan lele raksasa dengan warna tubuh agak kehijauan. Selain umpan jitu mancing ikan Dalum yang disebutkan di atas, ikan ini pun mau menyambar umpan berupa kodok dan siput kecil dengan cara makan secara berkelompok sehingga mungkin agak menyeramkan ketika memancing dan mendadak didatangi gerombolan ikan mosnter ini. Ada yang mengatakan bahwa daging ikan Dalum sangat lezat dan mampu mengalahkan citarasa daging ikan Patin. Namun bagi sebagian orang, tak menyukai sebab daging ikan ini cepat membusuk yang akan mengakibatkan penyakit.