Mengenal Umpan Jitu Mancing Ikan Deho

Ikan Deho atau disebut juga ikan Tongkol kecil termasuk dalam keluarga ikan Tuna. Memiliki tubuh menyerupai torpedo dan permukaan kulit licin. Bentuk moncong runcing dengan mata yang besar. Ikan tongkol adalah perenang tercepat dibanding ikan-ikan laut lain. Memancing ikan Deho ini biasanya dilakukan di tengah laut dengan menaiki perahu atau kapal. Bila dilakukan bersama-sama, mancing ikan Deho akan menjadi aktifitas yang menantang. Untuk memancing ikan jenis ini digunakan peralatan pancing khusus tak terkecuali umpan. Dibutuhkan umpan jitu mancing ikan Deho yang sesuai sehingga hasil pancingan akan maksimal.
rahasia umpan, umpan mancing ikan nila,umpan mancing ikan nila merah,umpan mancing ikan nila kolam,umpan mancing ikan patin,umpan mancing ikan patin galatama,umpan Mancing Ikan Deho,ikan Tongkol kecil
Baca juga : umpan ikan sembilang
Ikan Deho biasa dikonsumsi oleh masyarakat pesisir sebagai lauk yang lezat. Juga disajikan dalam menu masakan di sejumlah restoran. Ikan Deho pun merupakan bahan baku utama ikan kalengan. Ikan Deho kalengan pun sering dijadikan sebagai umpan jitu memancing ikan lain. Harganya memang agak mahal di banding ikan kalengan lain, namun umpan ikan Deho ini sangatlah jitu. Sekali dilempar, langsung saja disambar oleh ikan target.

Ikan Deho seperti juga jenis ikan Tuna lain merupakan pemakan yang sangat rakus. Mereka akan terus makan selama mangsa tersedia di depan mereka. Bahkan mereka masih saja makan walaupun makanan sudah tak muat di perut mereka dan terlihat menggelantung di mulut mereka. Umpan jitu mancing ikan Deho ini bisa berupa ikan hidup dalam keadaan utuh ataupun potongan daging ikan. Diantaranya adalah ikan Lele, cumi-cumi, ikan Mas, ikan-ikan kecil, sotong, dan lainnya.

Namun pada penangkapan ikan jenis ini menggunakan kapal secara besar-besaran, umpan yang digunakan harus atraktif. Contohnya memiliki sisik yang berkilau, awet berada di dalam air serta memiliki tulang punggung yang kuat. Umpan pada penggunaan alat tangkap di kapal bertindak menjadi alat pemikat ikan. Species umpan yang dipilih biasanya adalah ikan pelagis kecil antara lain ikan layang (Decopterus sp.), ikan lemuru (Sardinella sp.), ikan bandeng (Chanos chanos) dan ikan kembung (Rastrelliger sp.).

Ada juga yang menggunakan umpan berupa ikan teri (Stolephorus spp.). Lainnya lagi menggunakan semacam rumpon untuk menarik ikan Deho naik ke permukaan. Umpan yang digunakan sendiri berupa potongan-potongan daging ikan segar. Sementara pemancingan di malam hari biasanya menggunakan penarik ikan berupa cahay lampu petromak untuk kemudian dipancing menggunakan beberapa alat pancing sekaligus.