Umpan Jitu Mancing Ikan Dukang (Sembilang)

Ikan Dukang atau ikan Sembilang berasal dari keluarga Plotosidae yakni golongan ikan yang memiliki kumis (Siluriformes). Karakteristik utama ikan ini adalah sirip punggung kedua (sirip lemak), sirip ekor dan sirip anus yang menjadi satu. Ikan Dukang dalam bahasa Inggris disebut sebagai eel-tailed catfish. Ikan Dukang hidup di perairan payau di muara-muara sungai. Ikan Dukang hidup berkelompok dalam jumlah banyak. Ikan ini memiliki sifat rakus terhadap makanan. Tak perlu mempelajari umapn jitu mancing ikan Dukang karena apa saja yang diumpankan akan disambarnya. Wajar bila mancing ikan ini begitu mudah ketimbang jenis ikan lain yang menghuni muara sungai.
rahasia umpan,umpan ikan sembilang sungai,umpan ikan sembilang laut,umpan mancing ikan toman,umpan mancing ikan bawal harian,umpan mancing ikan tombro,umpan mancing ikan patin,umpan mancing ikan tawes
Baca juga : Umpan mancing ikan ekor kuning
Memancing ikan Dukang jika sedang musimnya sangat mudah, umumnya jika hujan reda dengan air sungai yang keruh akan dapat banyak. Tekniknya bisa menggunakan dasaran timah di bawah rangkaian 2 hingga 3 hook. Umpannya boleh menggunakan udang kupas atau juga udang hidup. Saat yang paling tepat adalah saat pasang akan surut di pagi hari. Dapat juga memakai umpan berupa kepiting soka dengan ditusukkan ke kail. Cangkang kepiting soka ini cukup lunak sehingga mudah ditusuk. Namun untuk memperoleh kepiting jenis ini lumayan susah dan harganya pun cenderung mahal. Ikan Dukang pun doyan menyambar kerang putih serta cacing klelet.

Mata kail tak usah dilempar kelewat jauh sebab ikan ini umumnya berlindung di balik rumpon, batu karang, tiang pancang jembatan dan lainnya. Cukup dengan memakai timah ukuran kecil dan lemparkan ke tepi perairan yang mempunyai kedalaman air antara 25 cm hingga 75 cm. Ketika memakai udang kupas kadangkala umpan sudah disantap duluan oleh ikan-ikan kecil. Sehingga dianjurkan untuk memakai udang hidup saja ketimbang udang kupas.

Sebelum pergi memancing ikan Dukang ini, anda harus tahu dulu spot terbaik ikan ini. Anda boleh menanyakan kepada pemancing lain yang sudah pernah ke sana dengan hasil tangkapan yang banyak. Tanyakan juga umpan mancing jitu ikan Dukang di daerah tersebut. Kadangkala ikan-ikan pun memiliki umpan favorit sendiri yang berbeda antar spot yang satu dengan spot lainnya. Ada beberapa kawasan dimana ikan Dukang di sana paling gemar memangsa udang hidup, namun ada juga yang doyan menyantap udang kupas. Bahkan ada yang gemar memakan umpan berupa potongan ikan busuk, disebabkan habitatnya yang dekat dengan dermaga dimana banyak kapal-kapal nelayan yang membuang sisa ikan hasil tangkapan yang sudah membusuk. Hati-hati bila mengangkat ikan Dukang ini sebab memiliki patil yang bila terkena, badan akan terasa panas dingin.