Minggu, 23 November 2014

Umpan Jitu Mancing Ikan Ebek (Kuwe Rambe) Diamond Trevally

Ikan Ebek kadang dinamakan juga ikan Kuwe Rambe sering ditemukan di kawasan perairan laut di Jawa Timur misalnya Pasir Putih, Probolinggo dan Situbondo. Memiliki sirip memanjang bagaikan rambut seorang perempuan yang dikuncir menjadikan ikan ini mempunyai daya pikat tersendiri. Bila ikan ini terancam, maka sirip itu akan mekar bak rambut jabrik tegak berdiri. Ikan Ebek mempunyai warna perak dan merupakan target menarik bagi kalangan penghobi mancing di laut. Umpan jitu mancing ikan Ebek tak ada yang khusus. Umpannya pun hampir sama dengan ikan-ikan laut lainnya.
resep umpan,umpan Ikan Diamond Trevally,umpan Ikan Kuwe Rambe,umpan Ikan Ebek,umpan ikan patin,umpan ikan nila,umpan ikan lele,umpan ikan bawal,umpan ikan patin liar,umpan ikan gabus,umpan ikan baung
Baca juga : Umpan jitu ikan fish bait
Memiliki nama dagang Diamond Trevally, ikan ini merupakan ikan predator yang dapat dipancing di perairan laut yang mempunyai kedalaman 20 - 100 m. Ikan Ebek memiliki ciri tubuh berbentuk segiempat memanjang dengan warna putih silver sedikit kuning serta bintik abu-abu pada ekornya. Di habitat aslinya, ikan ini suka sekali makan ikan-ikan kecil, cumi-cumi, kerang, udang dan obor-obor. Namun pemancing biasanya memakai umpan berupa udang hidup atau ikan kembung.

Nama ikan Ebek sendiri adalah penamaan dari para pemancing di Malaysia. Boleh jadi dahulunya masyarakat di sana menjumpai ikan  ini menyerupai seekor bebek sehingga dijulikilah dengan ikan Ebek. Ikan ini dapat mencapai panjang 1,65 m dengan berat hingga 25 kg. Ketika ikan Ebek ini menyentak umpan, ikan akan terus berontak ke sana kemari tak mau menyerah. Ikan ini sepertinya marah ketika dirinya terkena kail pancing. Mereka segera meronta-ronta ingin melepaskan mulut mereka yang tersangkut mata kail. Bila tak pandai menggunakan joran, bisa-bisa kenur akan segera putus ditarik ikan Ebek ini.

Umpan jitu mancing ikan Ebek selain ikan kembung dan udang hidup adalah cumi-cumi. Daging cumi dipotong  kemudian dipasang pada mata kail Seperti memancing dasar. Waktu berbarengan tidak cuma ikan Ebek yang datang akan tetapi juga ikan Kakap merah, ikan Kerapu dan Jenaha. Ikan Ebek memang kecil akan tetapi mempunyai kekuatan yang luar biasa sehingga menjadikan para pemancing suka sekali memancingnya.

Ikan ini sebenarnya tak begitu populer di kalangan angler sebab ukuran ikan Ebek jarang ada yang besar. Kebanyakan ikan yang terangkat oleh kail pancing rata-rata 1 hingga 6 kilo. Dikarenakan ikan Ebek yang ukurannya sedang-sedang saja, pakai saja peralatan ringan dengan kelas 4 lbs – 16 lbs. Ukuran itu sudah cukup bagus untuk mancing Ebek. Sementara stick pancing gunakan yang kelas light dan medium. Reel umumnya memakai kelas 1000 hingga 3500 sudah memadai. Selamat memancing ikan Ebek ya!