Senin, 29 Desember 2014

Membuat Sendiri Umpan Jitu Mancing Ikan Gariang

Ikan Gariang adalah sebutan untuk ikan Tombro di daerah Padang. Sekilas menyerupai ikan Tawes. Memiliki sisik berwarna perak mengkilap dengan daging yang terdapat duri-duri halus dengan citarasa gurih dan renyah bila digoreng. Jenis ikan air tawar ini terdapat hampir di seluruh perairan tawar di Indonesia. Di tiap daerah memiliki namanya sendiri misalnya : di Sumatra Utara disebut Ikan Jurung, di Aceh dinamakan Ikan Kerling, di Palembang dengan nama Ikan Semah dan di Jawa Barat dinamakan dengan Ikan dewa. Biasa hidup di perairan sungai, rawa dan danau. Sebuah tantangan tersendiri untuk memancing ikan ini apalagi jika targetnya ingin mendapatkan ikan Gariang dengan ukuran besar. Untuk itu siapkan dulu umpan jitu mancing ikan Gariang yang bisa dibuat sendiri.
resep umpan, ampuh, Cara Jitu Memancing Ikan, Memancing Ikan Gariang, Macam-macam Teknik Mancing, Cara Membuat Umpan Jitu, Ikan Gariang,Ikan dewa,Ikan Semah,Ikan Kerling, ikan tawes,
Baca juga : Umpan Ikan Kepek
Bagi kalangan pemancing, racikan umpan mancing ikan Gariang berikut ini dibedakan antara umpan untuk mancing pagi hari dan mancing siang hari :

1. Racikan umpan pagi
Diperlukan bahan-bahan berikut : 4 ekor ikan mujaer dengan ukuran 3 jari, 1,5 sendok makan tepung sagu, 3 sendok makan tepung ketan, 1 sendok makan susu bubuk, 2 butir telur gunakan putihnya, 3 sendok makan susu merek beruang, daun pandan untuk pewangi, dan 1 ons kroto.

Langkah pembuatannya : ikan Mujaer dikukus hingga lunak selanjutnya gunakan dagingnya tanpa duri. Blender hingga lumat. Campurkan semua bahan kecuali kroto dan daun pandan bersama daging Mujaer tadi hingga merata. Tambahkan daun pandan dan kukus adonan hingga wangi pandan tercium. Umpan siap digunakan memancing ikan Gariang di pagi hari.

2. Racikan umpan siang
Pemancing harus menyediakan beberapa bahan berupa : 1 klg deho, 1 bks kinoy kristal, 1/2 bks kinoy cair, 1/2 katu lampak, 1 bks super tombro warna kuning, 1/2 sachet kecil susu bubuk, 2 btr telur gunakan kuningnya saja, daun pandan, kroto, 2 sendok makan tepung sagu.

Urutan pembuatan : Blender deho dan kuning telur hingga tercampur rata. Tambahkan bahan-bahan lain ke dalam adonan, aduk merata. Terakhir masukkan daun pandan. Kukus adonan selama 40 menit hingga wangi. Umpan siap digunakan. Untuk kroto, fungsinya adalah untuk mencocol saat umpan akan dilempar ke air.

Penggunaan umpan jitu mancing ikan Gariang jangan sampai keliru, sesuaikan dengan waktu memancing. Mancing ikan Gariang memang agak lumayan susah. Lain dengan jenis ikan lain, ikan Gariang atau Tombro ini merupakan tipe ikan yang susah memakan umpan. Diperlukan umpan dengan aroma tajam untuk membangkitkan selera makannya. Liburan kali ini akan mengasyikkan dengan memancing ikan Gariang di sungai. Namun sebelumnya siapkan dulu umpan jitunya.
Membuat Sendiri Umpan Jitu Mancing Ikan Gariang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chairul Widjaja