Selasa, 23 Desember 2014

5 Umpan Jitu Mancing Ikan Kepek

Umpan jitu mancing ikan Kepek yang sering digunakan para pemancing adalah lumut basah. Namun tak hanya lumut yang bisa digunakan, sebab ikan Kepek pun doyan makanan lain mulai dari ulat belimbing hingga pelet buatan pabrik. Ikan Kepek serupa dengan ikan Wader dan banyak dijumpai di sungai-sungai di Jawa sebelah selatan. Memiliki tubuh yang tipis, mungil dan tak jarang ada yang besar. Terbesar ikan Kepek cuma memiliki bobot 100 gr dan panjangnya 12 cm.
Cara Membuat Umpan Jitu,Cara Jitu Memancing Ikan,Rawa dan Sungai,Wader, Kepek,Kepekan,Ikan Kepek, Macam-macam Teknik Mancing, Mancing Ikan Kepek, resep umpan, ampuh, rahasia umpan, Jeis Tawes Kepek,
Baca juga : Umpan ikan rohu
Ikan Kepek mudah dalam perkembangbiakannya pada musim penghujan ataupun musim kemarau. Tak heran jika populasinya banyak di beberapa perairan sungai. Jarangnya pemancing menarget ikan Kepek pun sebagai alasan lain ikan ini banyak jumlahnya di perairan. Jangan salah, memancing ikan Kepek pun bisa sebagai aktifitas yang mengasyikkan. Perlawanannya lumayan bertenaga untuk ukuran ikan dengan tubuh kecil.

Beberapa piliha umpan jitu mancing ikan Kepek antara lain adalah :

1. Lumut
Gunakan lumut dengan tekstur halus dengan warna hijau gelap. Bila warnanya menguning atau coklat kehitaman tak usah digunakan. Taburkan sedikit garam supaya teksturnya makin lembut.      

2. Ulat belimbing   
Dapat diperoleh dalam buah belimbing busuk. Kumpulkan dan kupas buah belimbing busuk untuk diambil ulat di dalamnya. Ulat belimbing mempunyai warna putih agak kuning. Gunakan kantong plastik sebagai wadahnya.

3. Pelet
Saat lokasi mancing adalah perairan tenang dan dalam seperti danau dan waduk maka umpan pelet akan lebih mengena. Namun sebelumnya pemancing harus menarik perhatian ikan agar mendekat dan berkumpul di area mancing. Lakukan chuming atau ngebom lebih dulu menggunakan pelet di satu titik beberapa kali. Ada pula penghobi mancing yang memanfaatkan pelet ayam atau bekatul. Ramuan pelet ada yang memakai kuning telur itik ditambah susu bubuk dengan hasil akhir berbentuk semacam jelly. Ada juga yang menggunakan adonan berupa pelet lele, pakan ternak dan Biskuit keju. Ketiga bahan dibelnder hingga halus dan diayak. Kemudian ditambahkan susu bubuk.

4. Kroto
Perairan jernih akan menjadikan ikan Kepek gampang melihat umpannya. Umpan jitu mancing ikan Kepek berupa kroto adalah pilihan pas bila perairannya jernih. Harga kroto murah dan bisa dibeli di kios pakan burung. Untuk menyimpan kroto pun sederhana saja, cukup dengan dimasukkan ke dalam kulkas dan siap dipakai sewaktu-waktu dibutuhkan.
   
5. Tahu
Gunakan tahu yang baru saja diproduksi sehingga aroma kedelainya masih tajam. Tahu kemudian dipotong kotak, dan boleh juga dijemur beberapa saat supaya lebih liat jika dilemparkan ke air dan tak mudah ambyar. Dari pengalaman yang paling disukai ikan Kepek adalah tahu kuning.