8 Macam Umpan Hidup Jitu Untuk Mancing Ikan

Kegiatan mancing di samping bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan, bisa juga dipakai untuk melampiaskan hobi atau olahraga.  Agar aktifitas mancing ini memperoleh hasil maksimal, jelas dibutuhkan beraneka macam alat mancing dan juga bermacam macam umpan. Umpan sendiri ada beberapa macam yakni umpan alami, umpan buatan, dan umpan sintetis.  

Macam-macam Teknik Mancing,umpan mancing ikan toman,umpan mancing ikan bawal harian,umpan mancing ikan tombro,umpan mancing ikan patin,umpan mancing ikan lele,ikan tawes,ikan patin sungai,ikan bandeng
Baca juga : Umpan ikan juaro

Umpan jitu mancing ikan hidup bisa berupa :


1. Cacing
Cacing dapat digunakan untuk beragam lokasi pemancingan antara lain di kolam, sungai, danau dan juga rawa. Segala jenis ikan dapat didaratkan menggunakan umpan cacing ini. Boleh menggunakan cacing tanah ataupun cacing laut. Ikan Mujair, ikan Nila, dan ikan Lele menyukai umpan berupa cacing ini.

2. Udang
Adalah umpan jitu mancing ikan hidup bila memancing di laut atau pantai. Ikan Alu Alu, ikan GT, ikan Baronang dan ikan Layur menyukai umpan jenis ini. Memancing di sungai dan waduk pun manjur jika menggunakan udang. Anda bisa mendaratkan ikan Belida, ikan Gabus dan Pelus. Gunakan udang yang masih hidup sehingga bisa bergerak-gerak ketika dilempar ke air.

3. Katak
Alternatif lain umpan jitu mancing ikan hidup berupa katak kecil. Bisa menggunakan katak sawah dan katak hijau. Kaitkan kail pancing pada mulut katak, sehingga ia masih bisa bergerak-gerak ketika di dalam air. Namun hati-hati ketika menggunakan umpan katak, bisa saja anda malah mengangkat ular sungai yang juga menyukai katak.

4. Ulat buah
Cocok sebagai umpan memancing ikan kecil-kecil antara lain ikan Tawes, ikan Nila dan ikan Wader. Gunakan ulat buah yang biasa berdiam di buah jambu air, belimbing dan mangga.

5. Ulat hongkong
Tak cuma burung yang suka ulat Hongkong ini, beberapa jenis ikan pun doyan. Ikan Nila dan ikan Mujair adalah dua jenis ikan yang menyukai ulat jenis ini.

6. Laron
Laron pun dapat digunakan sebagai umpan jitu mancing ikan hidup. Ikan Tawes dan ikan Nila dapat anda daratkan menggunakan umpan ini. Namun laron hanya dijumpai di peralihan musim kemarauke penghujan dan hanya ada pada malam dan pagi hari.

7. Rayap
Umpan rayap paling digemari oleh ikan Nila, ikan Wader dan ikan Sepat. Gunakan kenur dan kail dengan ukuran kecil supaya tarikannya terasa.

8. Anak tawon
Anak tawon yang berwarna putih ini sebelum digunakan sebagai umpan memancing perlu dikukus dulu hingga matang. Maksudnya supaya tidak gampang remuk ketika dilemparkan ke dalam air. Umpan hidup ini biasa digunakan untuk memancing ikan Gabus, ikan Seluangan dan ikan Betik.

Sebelum memancing sesuaikan dulu target ikan dan umpan yang akan dibawa ke lokasi pemancingan. Umpan yang keliru tak akan membawa hasil yang memuaskan.