Sabtu, 13 Desember 2014

Tekhnik dan Umpan Jitu Mancing Ikan Perairan Rawa

Rawa-rawa adalah salah satu spot mancing favorit para angler.  Ada banyak jenis ikan yang bisa diperoleh di sana seperti ikan Lele, ikan Gabus, Belut, ikan Nila, ikan Toman, ikan Betok, ikan Mujaer dan masih banyak lagi. Untuk menentukan umpan jitu mancing ikan rawa, harus ditentukan dulu ikan apa yang akan menjadi target mancingnya. Umpan untuk ikan Gabus tentu berbeda dengan umpan untuk ikan Mujaer. Seringnya juga menarget ikan dari jenis yang sama namun pada rawa yang berbeda, maka lain pula umpan yang digunakan.
ampuh, resep umpan, rahasia umpan, Cara Membuat Umpan Jitu, Ikan Rawa, Macam-macam Teknik Mancing, Umpan Jitu Galatama, umpan essen galatama, umpan mancing ikan nila di rawa,umpan ikan patin sungai,
Baca juga : Umpan ikan jelawat
Jenis Umpan Ikan Perairan Rawa
Jika belum paham betul jenis ikan apa saja yang menghuni perairan rawa itu, siapkan saja beberapa umpan yang berbeda-beda misalnya umpan cacing yang umumnya sebagai umpan favorit beberapa jenis ikan. Kemudian bawa juga ulat bambu, lumut, belalang ataupun pelet. Anda bisa mencoba beberapa umpan itu, mana yang bisa memperoleh ikan. Namun yang terbaik adalah bertanya dulu kepada pemancing lain, ikan apa yang dominan diperoleh di rawa tersebut.

Joran yang digunakan biasanya adalah tipe joran tegeg atau istilahnya Pole Rod. Yakni joran polosan tanpa ada ring penyangga senar. Panjangnya bermacam-macam, ada yang 2,5 m hingga ada yang 5,4 m. Dengan jenis penggunaan dari yang low, medium hingga high. Biasanya di perairan rawa sering ditumbuhi beraneka macam tumbuhan di permukaan air, sehingga tak cocok bila menggunakan tekhnik glosor karena rawan tersangkut tumbuhan air. Umpan jitu mancing ikan rawa bisa juga menggunakan pelet dengan bau amis yang kuat seperti pelet untuk ikan lele. Ada juga sebagian pemancing yang menggunakan kroto namun dipilih yang ukurannya agak besar.

Bila anda mengincar ikan Betok, perhatikan waktu tepat memancing. Terbaik adalah di pagi hari mulai jam 6 hingga jam 10. Ikan Betok sering menyambar umpan yang tak begitu dalam cenderung di permukaan sedikit ke dalam. Sementara ketika siang hari, umpan diusahakan agak tenggelam hingga mendekati dasar rawa.

Untuk target ikan Gabus, saat yang tepat yakni di pagi serta sore hari. Ikan Gabus akan keluar sarang untuk memburu mangsa, kalau semalam sebelumnya turun hujan. Sebaiknya mancing memakai umpan berupa katak atau umpan imitasi berbentuk katak kecil. Umpan jitu mancing ikan rawa khusus ikan Mujaer, gunakan saja lumut dengan menggunakan tekhnik glosor. Yang juga penting disiapkan adalah beberapa perlengkapan pribadi seperti memakai sepatu boot, membawa parang kecil untuk membuka area yang biasanya tertutup semak belukar dan juga perbekalan. Jangan lupa juga membawa losion anti nyamuk sebab biasanya perairan rawa sangat banyak nyamuk.