Rabu, 10 Desember 2014

Umpan Jitu Mancing Ikan Gabus Paling Jitu

Ikan Gabus adalah ikan dengan home ground berupa rawa-rawa. Tergolong ikan dengan daya tahan hidup yang tinggi sebab sanggup bertahan dalam perairan berlumpur dengan kandungan oksigen yang minim. Itu disebabkan mereka mempunyai alat napas yang dinamakan labyrint. Kendati habitat aslinya adalah rawa-rawa, namun ikan Gabus ini pun menyukai perairan danau, sungai dan waduk. Sensasi terpacunya adrenalin akan ada bila anda memancing ikan ini. Tarikannya begitu kuat dan butuh strategi untuk mendaratkannya. Umpan jitu mancing ikan Gabus paling jitu adalah menggunakan udang kecil, kepiting, ikan-ikan kecil, katak, cacing dan bermacam serangga.
gambar ikan gabus, umpan ikan gabus, umpan ikan gabus di danau,umpan ikan gabus paling jitu,umpan mancing ikan gabus di rawa,umpan ikan lele,umpan ikan nila,umpan ikan betok,umpan ikan bawal,
Baca juga : Umpan mancing harian
Ikan gabus adalah predator rakus utamanya ketika menyambar umpan. Anda cukup melemparkan umpan di dekat lubang persembunyian, maka tak berapa lama umpan akan disambar dan malah tak jarang mata kail ikut tertelan hingga ke dalam perut. Ada beberapa cara memancing ikan gabus ini, alah satunya adalah yang dinamakan tekhnik dul-dul. Cara ini banyak digunakan para pemancing zaman dulu. Alatnya cuma joran tegek dari bahan sebatang bambu yang lemudian diikat dengan kenur dan diberikan umpan katak. Umpan dicelupkan kemudian diangkat kembali. Begitu terus meneru sampai umpan disambar oleh ikan Gabus ini. Tekhnik ini bertujuan membuat umpan seolah-olah hidup dan berenang di dalam air.

Namun saat ini yang paling banyak digunakan adalah memancing eperti biasa. Menggunakan joran dengan umpan dan diberikan pelampung. Umpan jitu mancing ikan Gabus paling jitu untuk cara ini adalah katak hidup, kerang-kerangan dan keong. Pelampung berfungsi sebagai tanda jika umpan telah dimakan ikan Gabus.

Ada juga teknik Casting yakni cara memancing memakai umpan palsu dengan membuang umpan ke sasaran yang diperkirakan ada ikan Gabusnya. Selanjutnya tarik pelan-pelan dengan begitu umpan akan bergerak-gerak seperti umpan hidup sebenarnya yang akan menarik perhatian ikan pemangsa. Karakteristik ikan Gabus adalah agresif ketika mengejar buruannya, sehingga untuk mancing ikan jenis ini diberikanlah umpan buatan yang digerak-gerakkan.

Umumnya yang dipakai sebagai umpan untuk ikan Gabus menggunakan teknik Casting yakni Hard Frogie,  Soft Frogie, Mini Popper, Minnow dan Spoon. Cara ini lumayan membikin capek sebab mesti membuang kail dan menariknya berulang-ulang. Malah dapat dikatakan membosankan, artinya diperlukan kesabaran dan tenaga prima. Belum lagi paparan sinar matahari yang cukup menjadikan badan lekas capek. Namun ketika umpan disambar, rasa lelah itu seakan sirna dalam sekejap digantikan hari yang gembira bisa menaklukkan keganasan ikan Gabus sekaligus bisa menikmati lezatnya ikan air tawar ini.