Selasa, 16 Desember 2014

Umpan Jitu Mancing Ikan Palung - Hampala - Hampal

Umpan Ikan Palung - Masyarakat Sunda menamai ikan Hampala sebagai ikan Hampal. Sementara masyarakat di Jawa Tengah dan Jawa Timur menamakan ikan ini dengan sebutan ikan Palung. Masyarakat Malaysia menamakannya dengan ikan Sebarau. Ikan ini sendiri mempunyai nama ilmiah Hampala macrolepidota, dan merupakan famili cyprinidae termasuk di dalamnya ikan Tawes, ikan Mas dan ikan Tombro. Memancing ikan Palung ini biasanya memilih spot di sungai, waduk dan danau. Udang dan serangga kecil adalah dua contoh dari beberapa jenis umpan jitu mancing ikan Palung ini.
resep umpan, umpan ikan palung, rahasia umpan, Macam-macam Teknik Mancing, ampuh, Mancing Ikan Palung, Ikan Palung, Ikan Hampala, umpan jitu mancing ikan Hampala, Umpan Jitu Mancing Ikan Palung,
Baca juga : Umpan mancing ikan perairan rawa

Tanda umum ikan Palung ini yaitu tampilannya serupa dengan ikan Mas. Bedanya, ikan Palung memiliki bukaan mulut yang lebar. Konon kabarnya mulut ikan Palung ukuran besar muat menelan seekor anak itik. Memiliki warna hitam mengkilat mulai dari ekor hingga ke perut bawah. Akan tetapi warna mengkilap itu tak didapati pada ikan Palung dengan bobot di bawah 1 kilo. Bila dilihat dengan teliti mulai ekor hingga tubuhnya ditemukan garis hitam. Ikan ini sendiri kebanyakan berwarna kuning perak.

Ikan Palung tak mempunyai gigi, namun mempunyai mulut besar dan jika diamati dari samping ketika ikan ini membuka mulutnya akan tampak bukaan hingga di bawah mata. Panjang tubuh ikan Palung kebanyakan 10 hingga 20cm dan mampu mencapai panjang kurang lebih 40 cm dan bobotnya dapat mencapai 5 kilo lebih.

Ikan Palung adalah pemangsa perairan tawar yang menggemari mangsa berupa udang-udang kecil dan serangga. Ikan Palung kecil biasanya berenang dekat permukaan air dengan berkelompok untuk menuju hulu sungai, waduk atau danau. Ikan ini dikenal mempunyai tenaga yang kuat. Ketika mulutnya tersangkut mata kail maka ia akan terus berenang untuk melarikan diri laksana sebuah torpedo.  Ikan Palung paling senang tinggal di habitat berupa lubuk sungai, danau atau waduk yang memiliki aliran air yang deras dan tak terlalu dalam. Umumnya perairan semacam itu banyak didapati ikan-ikan kecil sebagai santapan favoritnya. Untuk perairan waduk, ikan Palung lebih memilih perairan dengan dasar berpasir dan berbatu.

Selain menggunakan umpan hidup (live bait), umpan jitu mancing ikan Palung pun bisa menggunakan artificial lure atau umpan tiruan. Untuk umpan buatan bisa digunakan teknik casting. Jenis umpan tiruan yang digunakan beraneka macam, ada minnow, spoon, mini popper, crank bait,stick bait, pencil bait,  frogi dan lainnya dengan ukuran dari 3 cm hingga 7 cm. Gunakan  stick pancing dengan panjang 180 hingga 210 cm berukuran 10 hingga 15 lbs bila memancing di sungai dan untuk di muara dapat memakai joran dengan panjang lebih. Kenur boleh menggunakan monofilament ukuran 0.25 atau PE dengan kekuatan 20 lbs.
Umpan Jitu Mancing Ikan Palung - Hampala - Hampal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chairul Widjaja