Senin, 09 Februari 2015

4 Jenis Umpan Ikan Nila Liar Favorit

Umpan Ikan Nila Liar Favorit - Percayakah anda bahwa kegiatan memancing ternyata sudah dilakukan orang semenjak 40 ribu tahun silam? Bukti sejaraha dari sisa kerangka manusia Tianyuan di Asia Timur memperlihatkan bahwa mereka sudah memakan ikan air tawar. Penemuan fosil kulit kerang, tulang ikan ataupun lukisan di dalam goa memperlihatkan bahwa hidangan yang diambil dari laut merupakan faktor penentu keberlangsungan kehidupan manusia di masa itu. Sekarang mancing hanya sekedar hobi yang bisa dilakukan di empang, kolam, rawa, sungai atau laut lepas.
resep umpan ikan nila,umpan ikan nila kolam,umpan ikan nila danau,umpan ikan nila merah,racikan umpan ikan nila,umpan ikan nila babon,umpan ikan nila cirata,umpan ikan nila liar,rahasia umpan,
Baca juga : Umpan patin kolam

Salah satu ikan favorit untuk dipancing adalah ikan Nila liar. Ikan Nila pun biasa disebut dengan ikan Mujair yakni bangsa ikan air tawar yang mampu hidup di segala perairan air tawar bisa di waduk, sungai, empang, kolam atau danau. Pengetahuan membuat umpan ikan Nila liar sangat bermanfaat agar acara memancing ikan ini sukses mendaratkan banyak ikan. Beberapa jenis umpan ikan Nila liar yang jadi favoritnya adalah :

1. Lumut.
resep umpan ikan nila,umpan ikan nila kolam,umpan ikan nila danau,umpan ikan nila merah,racikan umpan ikan nila,umpan ikan nila babon,umpan ikan nila cirata,umpan ikan nila liar,rahasia umpan,Berbagai species lumut bisa digunakan termasuk lumut sungai dan lumut sawah. Kedua jenis lumut tadi berbentuk seperti rambut dengan warna hijau gelap. Sering ditemukan di air parit yang mengalir atau genangan air di sawah. Bila Anda menggunakan lumut jenis ini dijamin ikan Nila alam akan menyambarnya dari ikan Nila ukuran 2 jari sampai ikan Nila babon. Jenis lumut lain yang bisa digunakan sebagai umpan ikan Nila liar di alam terutama Nila ukuran besar adalah lumut tambak. Memiliki tekstur kasar dengan warna hijau cerah. Sebelum digunakan biasanya ditaburkan sedikit garam agar teksturnya lebih lembut. Karakteristik ikan Nila liar utamanya jenis babon ketika menyambar lumut akan menggerakkan pelampung namun lembut malah hampir-hampir tidak terasa sebab cara makan ikan ini dengan menyedot umpan.

2. Cacing.
Jenis cacing favorit ikan Nila liar yakni cacing merah, ataupun cacing yang berdiam dalam batang pisang busuk. Umpan berupa cacing biasanya kerap putus sehingga Anda akan kerap memasang umpan.

3. Rebon.
Adalah udang ukuran kecil yang pemasangannya ke mata kail cukup dengan ditancapkan pada tubuh udang dekat ekor. Jangan sampai mengenai urat punggung supaya tetap hidup. Boleh juga memasang 2 hingga 3 udang rebon. Udang rebon dan jenis udang lain akan mampu bertahan hidup cukup lama bila ditempatkan dalam wadah gelap dan sejuk. Jika dibutuhkan buatlah wadah yang mempunyai banyak celah dengan tutup rapat, kemudian benamkan ke dalam perairan dekat dengan spot mancing.

4. Kroto.
Umpan ikan Nila liar favorit terakhir adalah kroto. Gunakan kroto segar dengan bau khasnya yang agak kecut. Kecuali itu ciri lain adalah masih terikut semut rangrang hidup. Butirannya pun tampak padat dan berisi.