10 Macam Umpan Ikan Lele Malam Hari

Mancing ikan jenis Lele cukup banyak digandrungi kalangan pemancing sebab umpan ikan Lele yang mudah diperoleh dan perlawanan ikan ini ketika menyambar umpan adalah waktu yang sangat dinanti. Ikan Lele di alam adalah ikan jenis nokturnal atau aktif mencari makan di malam hari sementara di siang hari lebih banyak tinggal di tempat gelap dan sejuk. Umpan ikan Lele malam hari tentu harus dipersiapkan dengan baik supaya kegiatan memancing tak sia-sia dan membawa pulang banyak ikan Lele.
umpan ikan lele yang jitu,umpan ikan lele master,umpan ikan lele malam hari,kolam harian,harian,terbaik,contoh umpan ikan lele galatama, umpan ikan lele, umpan jitu ikan lele harian,
Baca juga : Jenis Umpan Ikan Nila Liar

Meski tergolong hewan nokturnal namun tidak berarti ikan Lele tak mau menyambar umpan di siang hari, namun di malam hari ikan Lele menjadi agresif dan cenderung buas. Mancing ikan Lele di alam liar tentu lebih mengasyikkan sebab lebih menantang lebih-lebih bila berlangsung di malam hari. Piranti yang dibawa cukup alat pancing yang light saja. Gunakan kail size 8 hingga 10, senar dengan kekuatan hingga 3 kilo. jangan lupa bawa juga lampu senter, tapi ketika memancing jaga agar tak menghidupkan senter ke arah air sebab akan mengakibatkan ikan Lele lari bersembunyi. Di samping itu mungkin juga diperlukan starlight atau alat pendar cahaya yang ditempatkan pada ujung stick pancing untuk penanda jika umpan di kail disambar ikan. Boleh pula memakai lonceng kecil untuk penanda. Di samping menggunakan pancing umumnya, mancing ikan Lele pun dapat menggunakan tajur yakni semacam alat pancing berjoran pendek yang dibiarkan dalam waktu tertentu untuk kemudian dilihat umpan sudah disambar ikan Lele atau belum.

umpan ikan lele yang jitu,umpan ikan lele master,umpan ikan lele malam hari,kolam harian,harian,terbaik,contoh umpan ikan lele galatama, umpan ikan lele, umpan jitu ikan lele harian,
Sekarang membahas umpan ikan Lele malam hari yang pas untuk dibawa. Berikut adalah bermacam umpan yang bisa digunakan untuk mendaratkan ikan Lele :

1. Belut seukuran jari boleh dengan dikukus, dibakar ataupun digoreng. Selanjutnya diiris-iris seukuran dadu atau boleh pula hanya diambil dagingnya saja dengan ukuran sekitar 2 cm.

2. Bermacam cacing, akan tetapi yang paling jitu yakni cacing lur serta cacing laut. Tempatkan 2 hingga 3 ekor cacing sekaligus agar bisa diperoleh hasil pancing maksimal.

3. Daging ayam terutama bagian sayap dikukus dan sesudah matang, daging diblender hingga lumat. Sebagai pengeras bisa ditambahkan pelet 48 yang mempunyai aroma daging belut.

4. Daging sapi giling yang bisa dibeli di supermarket untuk memperoleh kualitas daging nomer satu. Bisa juga ditambahkan 2 hingga 3 tetes essen aroma kepiting atau tengiri tiap 100 gram daging sapi giling yang digunakan.

5. Kepiting laut ataupun kepiting sawah. Ambil dagingnya saja.

6. Kelomang gunakan badannya saja.

7. Kijing atau jenis- jenis kerang lain.

8. Laron dan diusahakan dengan sayap lengkap. Gunakan beberapa ekor sekaligus sebagai umpan.

9. Jangkrik, gunakan seekor saja dan tekan bagian perut agar aroma jangkrik menyebar di perairan.

10. Cacing sutera atau boleh juga cacing beku. Umpan ikan Lele malam hari jenis cacing ini dengan cara dibungkus dengan kain perban baru ditempatkan di mata kail.